Demian, Kutipan-Kutipan Penting Dijelaskan

Selain beberapa kutipan yang muncul di short film WINGS, yang dibahas sebagian di postingan ini, masih ada beberapa kutipan lain yang menarik nih dari Demian. Jujur aja nih, setelah baca ringkasan Demian rasanya jadi sedikiiiiiiiiiiiit lebih paham sama temen-temen yang kecerdasannya di atas rata-rata yang gue temui di bangku perkuliahan. Mereka yang menonjol di kelas kadang suka bikin serem dengan pemikiran mereka waktu ada diskusi. Rupanya, mungkin itu karena gue cuma bagian dari “kawanan yang hanya mengikuti aturan yang sudah dibuat oleh masyarakat dan agama” sementara mereka adalah orang-orang yang setipe sama Sinclair, Demian dan Eva, yang menerima bahwa dunia itu punya sisi gelap dan terang begitupun dengan manusia, mereka menerima bahwa sifat gelap dalam diri manusia itupun sesuatu yang alamiah dan karenanya bukan hal yang tabu untuk dibahas atau dibenarkan dalam kondisi tertentu, dan karena itu lah pendapat mereka suka agak bikin horror:/
Kalian mungkin ga paham apa yg gue tulis ya? 😅

Mending baca kutipan-kutipan Demian aja deh! Cusss~

1

“Sebuah batu telah dijatuhkan ke dalam sumur, sumur adalah jiwa masa mudaku. Dan untuk waktu yang sangat lama masalah tentang Cain, pembunuhan saudara, dan ‘tanda’ membentuk titik keberangkatan dari semua usahaku dalam pemahaman, keraguan-keraguanku dan kritikku.”

Penjelasan:
Dalam kutipan ini, Sinclair merenungkan tentang efek dari percakapan pertamanya dengan Demian mengenai kisah tentang Cain. Demian memberi kesan bahwa tanda yang Cain miliki seharusnya dilihat sebagai sesuatu yang membedakan seseorang, daripada sebuah tanda negatif atas kedengkian Cain. Interpretasi ini adalah tantangan pertama kali yang diberikan kepada pandangan dunia Nasrani tradisionil Sinclair. Tepat ketika sebuah batu dijatuhkan ke dalam sumur maka akan menimbulkan efek beriak, mengacaukan semua air di dalam sumur tersebut, begitu juga interpretasi heretical ini memiliki efek yang luas cakupannya pada jiwa Sinclair. Gambaran tentang sumur itu, kemudian, memberi pertanda untuk kemajuan intelektual lebih lanjut bagi Demian. Keberangkatan pertama dari kaum Kristiani menyajikan sebuah peran simbolis bagi Demian di kemudian hari; kisah tentang Cain menjadi sebuah sumber inspirasi baginya untuk menggali lebih dalam menuju apa yang dia pelajari dan untuk memikirkan gagasan-gagasan yang lebih kreatif dan orisinil.

2

“Kau tahu sejak lama bahwa dunia yang kau setujui/dukung hanyalah setengah dari dunia dan kau mencoba untuk menekan setengah lainnya dengan cara yang sama seperti yang para pendeta dan guru lakukan. Kau tidak akan berhasil. Tidak seorangpun berhasil dalam hal ini begitu dia mulai berpikir.”

Penjelasan:
Demian mengatakan hal ini kepada Sinclair pada saat mereka mengambil kelas Pengesahan bersama (Bab 3). Di sini, dia membiarkan Sinclair mengetahui bahwa dirinya tahu apa yang sudah dipikirkan Sinclair. Demian memaksa Sinclair untuk menghadapi apa yang dia rasakan tentang alam yang lain. Demian menarik keluar hasrat terdalam Sinclair dan menunjukan kepada Sinclair bagai dirinya telah menahannya selama ini. Ini adalah momen psikologis yang penting, di mana Demian utamanya bertindak sebagai ahli analisa jiwa Sinclair, membuka apa yang tersembunyi jauh di dalam diri Sinclair. Hal ini juga menandakan perkembangan Sinclair di masa depan. Demian, tentu saja, ternyata benar—Sinclair akhirnya menjadi tidak mampu melanjutkan untuk menekan hasratnya untuk bebas dari dunia yang suci.

3

“Tiba-tiba, sebuah gambaran baru muncul di hadapanku, sebuah gambaran yang tinggi dan dihargai. Dan di dalam diriku tidak ada kebutuhan, tidak ada keinginan, sedalam atau sekuat rasa candu untuk memuja dan mengagumi.  Aku memberinya nama Beatrice….”

Penjelasan:
Potongan ini berasal dari Bab 4, tepat setelah Sinclair melihat Beatrice di taman. Di sinilah Sinclair mengubah perilakunya dan menetapkan hati untuk menjadi lebih serius. Di dalam diri Beatrice, dia mendapat semacam dewa—sesuatu yang memberinya arti dari tindakannya dan menggerakannya untuk ingin menjadi unggul. Sinclair telah melihat keajaiban dari wanita yang bersinar dan merasa dekat dengan kemungkinan cinta sejati. Hal ini mendorongnya untuk mengubah perilakunya, menjadi lebih kreatif, dan berusaha keras untuk memperbaiki diri.

4

“Kita yang mengemban tanda, tidak merasakan kecemasan tentang seperti apa bentuk masa depan. Semua kepercayaan dan pelajaran ini tampak bagi kita sudah mati dan tidak berguna. Satu-satunya tugas dan takdir yang kita akui adalah bahwa masing-masing dari kita harus menjadi diri kita sendiri sepenuhnya, sepenuhnya setia pada benih aktif yang alam tanam di dalam kita, bahwa dalam menjalani pertumbuhan kita bisa dikejutkan dengan apa-apa yang tidak diketahui kedatangannya.”

Penjelasan:
Kutipan ini datang dari pertengahan Bab 7, ketika Sinclair bercermin pada waktu yang dia habiskan di rumah Demian. Ini adalah sebuah ungkapan kekuatan penuh dari sang teladan, yang mana ke arah itulah Demian telah mengarahkan Sinclair. Sinclair, pada titik ini, mengenali dan menganggap dirinya berasal dari teladan ini; dia telah menjadi satu dengan mereka yang mengemban tanda. Tanda ini, tentu saja, adalah tanda yang membuat orang-orang seperti Demian, Frau Eva, dan sekarang, Sinclair, yang menganut teladan yang digambarkan di sini, dijadikan sebagai sesuatu yang spesial. Teladan ini menjadikan individu sebagai juara, menjujungnya di atas semua yang lain—khususnya, sistem-sistem keagamaan dan moral yang kuno.

5

“Mungkin terkadang kau akan membutuhkanku lagi, melawan Kromer atau sesuatu lainnya. Jika kau memanggilku maka aku tidak akan datang dengan cara yang kasar, di atas punggung kuda atau kereta. Kau akan harus mendengarkan ke dalam dirimu sendiri, kemudian kau akan menyadari bahwa aku ada bersamamu.”

Penjelasan:
Demian mengatakan hal ini kepada Sinclair di akhir buku. Sinclair telah terluka dalam perang dan memanggil Demian. Demian datang kepada Sinclair dan memberitahunya bahwa dia tidak akan lagi datang secara fisik untuk membantunya. Ini menandai kebebasan sejati Sinclair. Bahkan menuju akhir novel, bahkan ketika dirinya siap secara intelektual dan emosional untuk bebas, dirinya masih berkumpul dengan Frau Eva dan Demian. Sinclair belum bebas. Dia punya kedua orang itu untuk menemukan kenyamanan dan dukungan. Sekarang, dia akan sendirian secara fisik. Fakta bahwa Demian bersedia meletakan Sinclair di jalannya menunjukan sebuah rasa percaya diri yang dimilikinya bahwa Sinclair siap untuk menghadapi dunia sendirian. Tentu saja, Sinclair telah diberikan seperangkat peralatan yang sangat besar jumlahnya untuk menghadapi masalah yang mungkin terjadi. Meskipun Demian mungkin tidak ada secara fisik, Sinclair akan tetap mampu melakukan apapun yang Demian bisa lakukan—jika dirinya melihat k edalam dirinya sendiri.

Credits:

Credits:
Karya asli oleh Hermann Hesse
Kutipan-kutipan + penjelasan via: http://m.sparknotes.com/lit/demian/quotes.html
Indo trans: http://www.unreadablebook.wordpress.com

Take out with FULL CREDITS

image

Seung Chan relates his life to Emil Sinclair ⓒstars88jo

Tahukah kalian? *aseek*

Ternyata sebelum short film WINGS, drama Producer udah lebih dulu “memperkenalkan” Demian pada mata-mata “awam” yang aslinya bukan pecinta novel😄
Mungkin karena gue ga ngikutin Producer dan sebaliknya gue ngikutin BTS, perasaan gue sih impact-nya lebih berasa buat Demian dan penerbitnya ketika Demian dibawa sama BTS lewat WINGS. Apakah pendapat ini biased atau emang kenyataannya begitu? Hehe

Related terms: demian hermann hesse bts bangtan boys bangtan sonyeondan short film wings terjemahan bahasa indonesia

2 thoughts on “Demian, Kutipan-Kutipan Penting Dijelaskan

    • untuk versi terjemahan bahasa Indonesia setahu saya sih belum ada ya penerbit yang jual, tapi kalau mau baca silahkan mampir ke blog decemberdaisy, dia menyediakan terjemahan bahasa Indonesia Demian dalam bentuk pdf, gratis sih terakhir liat ^^

      Like

Thank you for reading. Leave a comment? ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s