BTS “Move” Lyrics Romanization, English and Indonesian Translation

image

Romanization

Ayo Suga
3nyeon jeon yeogi cheom wassdeon ttae gieokhae?
waenji hyeongirang narang mak chigobakgo haessdeon ttae
byeokjido hwajangsildo berandado da paran jip

geu ttae nan yeogiga mak doege neolpeun jibin jul arassji
but nae yamangi neomu keojyeosseo
geuri neolpeo boideon sae jipdo ijeneun
neomu jobajyeosseo
17pyeong ahop yeonseupsaeng kojjiljjiri sijeol
eojgeuje gateunde geurae urido kkwae manhi keosseo
joheun geon eonjena da namdeurui moksieossgo
bultumyeonghan mirae geokjeonge
hangsang mok swieossgo
yeonmal sisangsik seonbae gasudeul
bomyeo mok meyeossgo
haessdeon kkujilhan gieok ijjin malgo ttak neoheodujago
uriui naemsaega na yeogiseon
i hyanggi ijji malja uriga eodi issgeon
ulgido usgido manhi haessjiman modu
kkwaena areumdawosseo
nonhyeondong 3cheung, gomawosseo

isa gaja
jeongdeureossdeon igosgwaneun annyeong
isa gaja
ijeneun deo nopeun goseuro

teong bin bangeseo majimak jimeul deulgo nagaryeodaga
jamsi dorabonda
ulgo usdeon sigandeura
ijen annyeong

3nyeonui salm cham jjalpgodo gireossji
manheun ildeuri issgo manheun chueogui gieogi
mak tteooreugon hae, tteonal ttaega doenikka
sayongui heunjeokdeul like tongjangnaeyeok keurediskadeu
jobeun pyeongsumankeum deo mungchin jeomdo isseossgo
Fight right here chigo batgido myeoccbeon
geuraeseoinji goun jeong miun jeong
ssahigo ssahyeosseo
meonji manyang, ijen chiwojigessji
cheoeumbodan jimdo neulgo,
cheoeumbodan nae seuseuro gajin geosdo neureosseo
ijen jabusimeul ttak deulgo deo keun sesang
keun kkumeul na barabogesseo
sae chulbal, sae sijak
eotteon sigeuro tto kkumil ji gidaedoeneun sigan
jim nalla, wichi jaba, meonji dakka
kkeutnagoseoneun sugoui jjajangmyeon
hana that’s right

isa gaja
jeongdeureossdeon igosgwaneun annyeong
isa gaja
ijeneun deo nopeun goseuro

teong bin bangeseo majimak jimeul deulgo nagaryeodaga
jamsi dorabonda
ulgo usdeon sigandeura
ijen annyeong

nansaeng cheoeum eommaui baessogeseo
naui cheot isa nareul segon haesseo
huimihan gieok naui isaui daeganeun
eomma simjangui gigyewa gwanghwalhan
hyungteoyeosseo
2010nyeon geu hae gyeoul daegueseo
cheoleopsdeon naega i sesangui keugireul
jaegon haesseo
sangeopjeogiran jibeuro isagan daeganeun
yok bagaji donttaragi ramyeo nal hyanghan
songarakjil
icheoreom isaneun naege cham manheun
geol namgyeossji
geuge johdeon silhdeon nae salm sogeseo
manheun geol bakkwossji
nae salmeun wolse nado maedallyeo areo?
nae jajonsimeun bojeunggeum da geon chae
harureul sareo uh?
geuraeseo dasi isa garyeogo hae
aidoreseo han dangye wiro kkumi japhiryeo
hae
ibeon isaui son eopsneun nareun eonjeilkka
ppareun siirimyeon johgessda

isa gaja
jeongdeureossdeon igosgwaneun annyeong
isa gaja
ijeneun deo nopeun goseuro

teong bin bangeseo majimak jim deulgo nagaryeodaga
jamsi dorabonda
ulgo usdeon sigandeura
ijen annyeong

isa gaja
jeongdeureossdeon igosgwaneun annyeong
isa gaja
ijeneun deo nopeun goseuro

teong bin bangeseo majimak jimeul deulgo nagaryeodaga
jamsi dorabonda
ulgo usdeon sigandeura
ijen annyeong

English Translation

Ayo SUGA
I remember how we came here three years ago
When you and I used to fight all the time
The wallpaper, bathroom and veranda were all blue
Back then I thought this was a big place
But my ambition grew too big
That big house became too small now
When the nine trainees shared a 17-pyung house
Seems like it was just yesterday, we grew up a lot
Good things were always other people’s things
We were always hoarse from an uncertain future and worries
Seeing all the senior artists at the end of the year awards
Let’s not forget those things but put them away
This place smells like us
Let’s not forget this scent, wherever we are
We cried a lot and laughed a lot but it was so beautiful
Nonhyungdong, 3rd floor, thank you

Let’s move
Goodbye to this place, that we grew attached to
Let’s move
Now to a higher place

While taking the last box out of the empty room
I looked back for a moment
Times we cried and laughed
Goodbye now

Three years felt so short but so long
A lot of things happened, there were many memories
I remember now that we’re about to leave
Traces of being used like bank accounts and credit cards
As much as the place was small, we were bound together tighter
Fight right here, hitting each other sometimes
Maybe that’s why but we have good feelings and bad feelings of love too
Even the dust will be cleared now
There’s more stuff than the beginning, I have more than when I started too
Now let’s take our pride and go toward a bigger world with a bigger dream
A new start, a new beginning
Excited to see how it will become
Move the boxes, hold your place, wipe the dust
After you’re done, let’s get a bowl of black bean noodles, that’s right

Let’s move
Goodbye to this place, that we grew attached to
Let’s move
Now to a higher place

While taking the last box out of the empty room
I looked back for a moment
Times we cried and laughed
Goodbye now

Ever since I was born
I counted the days for my first move
I remember, why I had to move
The machine in my mom’s heart and the big scar
In winter of 2010 at Daegu
The childish me used to measure the size of the world
The reason why we moved into a business
Was because of all the bad things people said, saying we follow money
So moving left many things with me
Whether I liked it or not, it changed a lot in my life
My life was about paying rent, I know
I lived with my pride put into the down payment
So I’m gonna move again
I’m gonna have a dream, a level higher than being an idol
When will I stop having to move again?
I hope it comes quickly

Let’s move
Goodbye to this place, that we grew attached to
Let’s move
Now to a higher place

While taking the last box out of the empty room
I looked back for a moment
Times we cried and laughed
Goodbye now

Let’s move
Goodbye to this place, that we grew attached to
Let’s move
Now to a higher place

While taking the last box out of the empty room
I looked back for a moment
Times we cried and laughed
Goodbye now

Indonesian Translation

Ayo! SUGA
Aku ingat bagaimana kita datang kesini tiga tahun lalu
Saat kau dan aku biasa bertengkar setiap waktu
Kertas dinding, kamar mandi dan beranda semuanya biru
Dulu kupikir ini tempat yang besar
Namun ambisiku tumbuh terlalu besar
Rumah besar itu jadi terlalu kecil sekarang
Saat sembilan trainee berbagi rumah 17-pyung
Tampak seperti baru kemarin, kita tumbuh banyak
Hal-hal baik selalu milik orang lain
Kita selalu parau dari ketidakpastian masa depan dan kecemasan
Melihat semua artis senior di penghargaan akhir tahun
Mari jangan lupakan hal itu namun letakan mereka jauh-jauh
Tempat ini aromanya seperti kita
Mari jangan lupakan aroma ini, dimana pun kita
Kita banyak menangis dan tertawa namun itu indah
Nonhyungdong, lantai 3, terima kasih

Ayo pindah
Selamat tinggal untuk tempat ini, yang mulai terikat dengan kami
Ayo pindah
Sekarang ke tempat yang lebih tinggi

Saat mengambil kotak terakhir keluar dari ruang yang kosong
Aku melihat ke belakang beberapa saat
Saat-saat kita menangis dan tertawa
Selamat tinggal sekarang

Tiga tahun terasa sangat singkat namun sangat panjang
Banyak hal terjadi, ada banyak kenangan
Aku ingat sekarang kita hampir pergi
Bekas-bekas digunakan bagai akun bank dan kartu kredit
Sekecil tempat itu, ikatan kita semakin erat
Bertengkar di sini, memukul satu sama lain terkadang
Mungkin itulah kenapa, namun kita punya perasaan baik dan buruk tentang cinta juga
Bahkan debu akan dibersihkan sekarang
Disana ada lebih banyak hal dari permulaan, aku punya lebih banyak dari pada saat aku memulai juga
Sekarang ayo ambil kebanggan kita dan pergi menuju dunia yang lebih besar dengan mimpi yang lebih besar
Sebuah awal yang baru, sebuah permulaan yang baru
Semangat untuk melihat bagaimana akan menjadi
Pindahkan kotak-kotaknya, tahan tempatmu, bersihkan debu
Setelah kau selesai, ayo makan semangkuk jjajjangmyeon, benar

Ayo pindah
Selamat tinggal untuk tempat ini, yang mulai terikat dengan kami
Ayo pindah
Sekarang ke tempat yang lebih tinggi

Saat mengambil kotak terakhir keluar dari ruang yang kosong
Aku melihat ke belakang beberapa saat
Saat-saat kita menangis dan tertawa
Selamat tinggal sekarang

Sejak aku lahir
Aku menghitung hari untuk kepindahan pertamaku
Aku ingat, mengapa aku harus pindah
Mesin di hati ibuku dan luka yang besar
Musim dingin 2010 di Daegu
Aku yang kekanakan biasa mengukur besarnya dunia
Alasan mengapa kita pindah ke dalam bisnis
Adalah karena semua hal buruk yang orang katakan, mengatakan kami mengikuti uang
Jadi pindah meninggalkan banyak hal denganku
Entah aku suka atau tidak, hal banyak berubah dalam hidupku
Hidupku adalah soal bayar sewa, aku tahu
Aku hidup dengan harga diriku tapi harga diriku dilupakan karena pembayaran
Jadi aku akan pindah lagi
Aku akan punya sebuah mimpi, selevel lebih tinggi dari pada jadi seorang idol
Kapan aku akan berhenti harus pindah lagi?
Kuharap itu akan segera datang

Ayo pindah
Selamat tinggal untuk tempat ini, yang mulai terikat dengan kami
Ayo pindah
Sekarang ke tempat yang lebih tinggi

Saat mengambil kotak terakhir keluar dari ruang yang kosong
Aku melihat ke belakang beberapa saat
Saat-saat kita menangis dan tertawa
Selamat tinggal sekarang

Ayo pindah
Selamat tinggal untuk tempat ini, yang mulai terikat dengan kami
Ayo pindah
Sekarang ke tempat yang lebih tinggi

Saat mengambil kotak terakhir keluar dari ruang yang kosong
Aku melihat ke belakang beberapa saat
Saat-saat kita menangis dan tertawa
Selamat tinggal sekarang
.
.
.
Rom: iLyricsBuzz
English: popgasa
Indo: unreadablebook.wordpress.com

( Do not repost/copy-paste/ketik ulang/dsb tanpa full credit. Thanks. )

Lagunya kedengarannya sederhana, “pindah rumah yuk”, tapi pas baca artinya jadi mellow hahah~
Apa ya, semacem cerita tentang sejarah bangtan dari yang masih trainee, masih kecil dormnya, pindah ke tempat yang lebih baik, segalanya jadi lebih besar, mimpi mereka juga. Curi-curi curhat soal pengalaman hidup juga. Nice song >.<
“Saat aku berhenti harus pindah”? Mungkin maksudnya saat udah puas dengan segalanya, saat semua udah dicapai, kalo ibarat manjat pohon udah ada di ujung atas.
Bangtan fighting!! Saranghaeyo~ :3

15 thoughts on “BTS “Move” Lyrics Romanization, English and Indonesian Translation

  1. yaampun. pas pertama denger lagunya tuh kaya agak2 lucu gimanaaaa gitu. terutama pas denger suara ky anak kecil gitu. hehe. artinya kok mendalam bgt yah? di album ini sebenernya mereka tuh banyak bgt mengungkapkan keluh kesahnya ya. trs yg pengen jd lebih unggul dari idol lain juga berkali-kali mereka ucapkan. ya walaupun g secara gamblang sih hahaha. emm… btw, selamat lah buat bts yg udah dpt 3 trofi. do’a kalian tercapai. BTS fighting!!!!! oh ya makasih udah nerjemahin yah.

    Like

    • Itulah kelebihan lagu ciptaan sendiri, pasti punya makna pribadi
      Iya, Bangtan akhirnya punya tropi dari music show dlm negri :’)
      Walaupun bersamaan dg itu diterpa banyak drama😥
      Semoga jd pacuan buat Bangtan biar bisa lebih hebat lagi
      Okeei, makasih jg komennya🙂

      Liked by 1 person

      • Ya sama2. Ya kemarn smpet khawatir sama diemnya V di mubank. Dan aku kagum bgt waktu di backstage dia bilang ‘semoga kita bisa melakukan promosi dengan peraan rendah hati’ waah kayaknya itu sindiran terselubung ya. Aah aku suka bgt sama kata2nya yg terkesan tegas tapi tenang itu. Kkkk~

        Like

      • Sedih bgt. Lupa sehabis mubank itu atau bukan. Anak BTS pada foto2 di backstage, V matanya merah tangannya megang tisu. Can’t help but to think that he was crying ;;-;;
        Di fotonya juga dia senyum tp itu bukan V bgt. V kalo senyum pake gigi dan lebar tiga jari :v
        Ya syudahlah, badai pasti berlalu, V jg udah ga semurung waktu itu #kenapamalahcurhatya

        Like

      • Iya emang. Kemaren pagi jimin upload video di twitter di situ yg ada v yg nari2 gaje gitu. Aah lega bgt. Liat dia udah mulai kembali. Ya walaupun blm 100% pulih. Tp seengaknya dia udah sdikit membaik. Btw, di backstage mubanglah petama kalinya aku liha daddy momon nangis. Itu bikin aku ikut terharu/massa/haha gpp kan curhat juga kita sama2 penggemar mereka. Walaupun sbenernya aku penggemar bnyk idol kpop kkkk~

        Like

      • Gue EXO-L #kiyaaaa :v
        Tim sukses (?) Bangtan jg tapi
        *tau tim sukses kan, ya bantu teriak2 doang buat dukungan LOL*
        Lah eya sama, gue suka2 doang mah suka Hyorin SISTAR, suka Eunji Apink, suka The Ark, suka Leo VIXX, suka Kyuhyun SUJU, suka Taemin SHINee, suka Bom 2NE1, suka Jackson+Bambam GOT7, suka Youngji KARA, dsb dsb dsb😄

        Like

      • Gue malah multifandom. Hohoho. Y tau. Ya gue tim suksesnya banyak kpop idol. Termasuk exo, bts, bigbang, vixx, beast, suju,miss A, infinite, u kiss, t ara, sistar, f(x), dll. Gue juga ngbiasin, L, sungyeol. Kevin. Yoseob. Junhyung. Kalo kyuhyun gue lbih suka yang ada di dunia ff kalo aslinya g terlalu. Hahahaha. Sehun, baekhyun. Ken. Trs banyak lagi lah pokoknya. Hahahaha. Nah kalo yang paling di cinta sih ya si beruang kutub(?) *ini panggilan sayang LOL* Min yoongi a.k.a agus alias suga. Atau syub syub. Atau apalah itu. Buahahaha.. Makanya hampir di semua akun sosmed gue namanya Min yuni (kan isteri sahnya:V)

        Like

      • Snow White yang swag abeess :v
        Yg saking males geraknya kebelet aja bukan buru2 ke toilet malah “gue pen ke toilet nih. Ada yg mau pergi buat gue?” :v
        Yg malah minta maaf sama diri sendiri waktu disuruh buat pengakuan :v

        Liked by 1 person

  2. Thanks liriknya mbar/? :v
    aku kira lagunya tentang apa gitu wkk, eh ternyata mirip jg sm lirik Born Singer.. sama2 ttg kisahnya BTS dr awal.. ga nyangka pas jd army taun lalu BTS msh kecil, skrg BTS udah besar, sesuai sm liriknya, sbntr lg bakal jadi no.1
    Bangtan Sonyeondan. fighting..

    Like

Thank you for reading. Leave a comment? ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s