Lay, artis Cina pertama SM yang diberi studio di Cina

image

SM akan mendukung promosi Lay di Cina

Artikel: SM mempersiapkan workshop Cina… mendukung promosi Lay di Cina*

(*SM membuat studio pribadi di Cina untuk Yixing demi memberinya kebebasan untuk mengatur aktivitasnya di Cina. Dia menjadi artis Cina pertama di bawah naungan SM yang menerima hak individual untuk berkembang dengan terbuka di Cina. Setelah mengalami banyak peristiwa “kehilangan orang berbakat”, SM akan mulai menyesuaikan aturan mereka.—eng trans from yixingspixie)

Source: OSEN via Naver

Komentar Korean netizen:

1. [+692, -26] Sekarang inilah yang disebut pembalasan, SM… kerja bagus

2. [+501, -26] Yixing, aku mendukungmu. Terangi Cina dengan promosimu.

3. [+451, -35] SM pasti mempercayai Lay.. temukan kekuatan, Yixing!!

4. [+367, -16] Tunjukkan pada para pengkhianat kau terbuat dari apa!!!

5. [+314, -18] Ohh.. kerja bagus, kerja bagus SM!!

6. [+86, -5] Kuharap Lay hanya permulaan dan SM akan mendukung Tao dan semua anggota Cina di bawah naungan SM. Buat perut para pengkhianat terguncang dengan semuanya yang akan mereka lewatkan (karena memilih pergi).

7. [+72, -4] Beri mereka dukungan besar. Buat para pengkhianat melempar barang dengan marah karena menyesal.

8. [+62, -3] Aku bertaruh anak-anak yang pergi ketakutan sekarang.

9. [+59, -6] Hh, jika saja para pengkhianat tetap diam, mereka bisa promosi di Cina dengan gaya yang lebih modern dibandingkan dengan sekarang ㅋㅋㅋ Yixing hwaiting!

Source: netizenbuzz

Komentar International netizen:
1. Duduk manis sambil membaca semua komentar butt-hurt* itu. (butt-hurt: (1) kecewa secara tidak logis mengenai sesuatu hal; (2) respon emosional yang negatif, kuat, dan tidak tepat setelah merasa terhina, erat dengan rasa malu.–Urban Dictionary)

2. [+3,-0] Dia (Lay) berhutang banyak terima kasih pada Kris dan Luhan
Re: [+2, -0] tf kenapa? SERIUS DEH, JANGAN MULAI. Aku benar-benar MUAK dengan orang-orang kasar yang bicara seolah Lay berhutang pada Luhan/ Kris. Grup besar seperti EXO, tidak semua orang bisa mendapat kesempatan utnuk bersinar dalam waktu yang bersamaan. Sekarang Lay akhirnya mendapatkan pengakuan yang layak didapatnya, jangan menghancurkannya dengan berkomentar seperti itu.
Re: [+1, -0] I’m a huge LAY biased (fans berat Lay), tapi aku harus setuju dengan ini –> Dia (Lay) berhutang banyak terima kasih pada Kris dan Luhan <– Maksudku bukan berarti berterima kasih pada Kris dan Luhan, tapi kalian harus mengerti kalau hal ini kemungkinan besar TIDAK akan terjadi pada Yixing jika bukan karena dua member Cina pergi. SM tidak pernah melakukan hal seperti ini, maksudku seharusnya insiden Jessica memberimu petunjuk. Bahkan disebutkan kalau SM mengubah aturannya (well mereka mengatakan itu sebelum ini, tapi ini adalah permulaan). Lay juga lebih bersinar karena Luhan tidak ada, jadi dia mengambil posisi lead vocal mendukung Chen. Dia mendapat lebih banyak bagian dalam menyanyi. Kupikir itu jelas sekali dengan comeback CMB. Lagi, bukan berarti berterima kasih pada mereka tapi cukup pahami bahwa hal ini tidak akan terjadi padanya jika kedua member yang pergi tidak pernah pergi—aku baik-baik saja dengan hal itu, lebih banyak bagian untuk Yixing yang punya banyak bakat!

3. [+2, -0] Yeah, Lay itu punya banyak bakat dan SM tahu mereka tidak bisa kehilangan unicorn itu. Slay ftwww

4. [18 poin] golazo32: Mereka (SM) tidak punya pilihan, kalau tidak semua member Cina akan pergi.


Re: [16 poin] insideoutduck: Kurang lebih begitu (edit: meskipun komentar kalau Tao + Lay tidak terlihat seperti akan pergi dalam waktu dekat itu ada benarnya). Aku 99% yakin ini adalah respon dari ucapan Kris tentang bagaimana dia tidak diperbolehkan untuk mengejar karir di Cina yang dia ingin lakukan (aku tidak ingat apa itu juga salah satu alasan Luhan? Tentang detilnya aku tidak begitu ingat)


Re:Re: [7 poin] xiuhans: kupikir Luhan mengutip sesuatu tentang perlakuan tidak adil antara M dan K. Akan aneh kalau dia bicara dia tidak diperbolehkan untuk mengejar aktivitas diCina karena dia baru saja menyelesaikan syuting sebuah film.


Re:Re:Re: [24 poin] semibiased: Luhan komplain kalau dia mendapat banyak tawaran kerja solo (commercial, endorsement, TV show, akting) namun SM tidak membiarkannya menerima semua itu. Mereka (SM) melewatkan pekerjaan yang akan membuatnya lebih dikenal dan uang di Cina demi promosi di Korea. Sebelum Kris pergi, M dapat satu endorsement IIRC, sementara K dapat banyak. Itulah contoh perlakuan tidak adil.


Re:Re:Re:Re: [7 poin] xiuhans: Ahh okay, terima kasih untuk klarifikasinya


Re:Re:Re:Re: [4 poin] insideoutduck: Kupikir ada dengan ucapan itu – Aku tahu salah satu dari mereka bicara soal tidak diizinkan mengambil pekerjaan akting yang mereka inginkan tapi aku tidak bisa ingat apa itu Kris atau Luhan atau keduanya


Re:Re:Re:Re:Re: [11 poin] semibiased: Keduanya komplain mengenai kehilangan pekerjaan akting, artikel tentang gugatan Luhan menyebutkan iklan-iklan ditolak SM karena ingin EXO-M sebagai grup. Luhan tidak melakukan pekerjaan apapun di Cina selain satu film itu saja saat masanya di EXO, dan menilai dari jumlah project yang dia lakukan sejak keluar, dia benar soal SM itu penghalang besar.* (FYI, untuk film, sejauh ini Luhan sudah dikonfirmasi untuk membintangi dua judul, sementara masih ada 30-40 judul film yang mengantri untuk persetujuan Luhan)


Re: [11 poin] “golazo32: Mereka (SM) tidak punya pilihan, kalau tidak semua member Cina akan pergi.” xiuhans: sejujurnya aku ragu soal itu. Tao selalu terlihat berkeinginan besar soal EXO dan Yixing menegaskan (berulang kali, karena orang-orang selalu terlihat curiga soal itu) bahwa prioritasnya adalah EXO.

5. [32 poin] crayon_poop: mungkin ini akan menjadi pondasi untuk kolaborasi cina-korea di masa depan.

6. [18 poin] Aku tahu Call Me Baby akan jadi era di mana Lay meledak (kalau komentar pada setiap EXO thread di sini belakangan adalah sebuah indikasi) namun ini adalah kejutan. AyoYixing!

7. [16 poin] gonline: Sampai anggotanya merasa muak dengan dirinya memprioritaskan hal lain selain EXO…. terdengar familiar.* (*menyindir kasus Jessica)


Re: [3 poin] silversam: Pada titik tertentu, SM akan meninggalkan mereka. Ini hanya cara SM membeli kesetian Lay pada perusahaan dan aku yakin hal ini akan membuat hal menjadi sangat jelas bagi anggota yang lain bahwa dia tidak bisa disentuh. Mereka tidak bisa kehilangan dia juga.

8. [14 poin] xiuhans: sial, kau mengalahkanku. Anyways, yeah, sepertinya studio itu didanai oleh Yixing sendiri. Henry juga punya hal yang mirip di mana dia memulai sebuah tim produksi yang membuat beberapa lagu pada album SJ-M, tapi kelihatannya kali ini kemungkinan akan ada dalam skala yang lebih besar.

9. Terima kasih pada Kris dan Luhan untuk membuat hal ini menjadi mungkin.

10. Kris dan Luhan harus jatuh untuk Yixing bisa bangkit ke tempat seharusnya dia berada dalam singgasana


Re: Lebih kepada mereka harus pergi baru SM peduli dengan keberadaan Yixing

11. Netizen-netizen itu (k-netz) sangat delusional


Re: Iya kan? Seperti ini bukan hal yang jelas-jelas SM harus lakukan untuk menghentikan mereka agar tidak pergi, EXO member yang populer di Cina sekarang membuat pengaruh paling besar pada perusahaan mereka dibanding yang pernah dilakukan siapapun di dunia kpop.

12. Aku tidak tahu bagaimana cara kerja studio itu tapi aku ikut senang untuk Yixing, dia orang yang sangat berbakat dan aku yakin dia akan sukses. Untuk SM, kupikir setidaknya mereka menghindari Yixing menuntut mereka di masa depan, mungkin artis Cina lain di bawah naungan SM juga akan melihat hal ini sebagai sebuah motivasi untuk tetap tinggal. Sangat disayangkan SM baru menemukan kemauan untuk benar-benar mendukung artis Cina mereka di tanah air mereka setelah 3 artis Cina menuntut mereka. Dan sangat disayangkan bagi orang seperti Zhoumi dan Vixtoria yang sudah berada di sana sangat lama seperti diabaikan. SM akhirnya sadar bahwa teknik “menakut-nakuti” mereka dengan memblokir semua aktivitas tidak berhasil dengan anggota dari Cina sebagaimana itu berhasil pada yang orang Korea (JYJ), lihat saja bagaimana kabar Hangeng dan KrisHan di Cina. Mari berharap hal ini membawa pada hal baik.

13. Aku benci semua yang mengatakan soal pengkhianat. Menjijikan. Dan mereka pikir KrisHan peduli dengan ini? Please. Anyways, selamat untuk Yixing. Aku menanti lebih banyak aktivitas dan komposisi (lagu) Cina.


Re: IKR, EXO itu semacam tidak relevan dibandingkan dengan betapa populernya Kris dan Luhan di Cina.

14. Goddamn, terima itu Yixing. LMAO @k-netz. Apa mereka tidak sadar kalau SM melakukan ini agar dia tidak pergi seperti Kris dan Luhan? Jika mereka tidak pernah pergi hal ini mungkin tidak akan pernah terjadi. #sangrajamembutuhkankorban

15. “[+59, -6] Hh, jika saja para pengkhianat tetap diam, mereka bisa promosi di Cina dengan gaya yang lebih modern dibandingkan dengan sekarang ㅋㅋㅋ Yixing hwaiting!” – Hal yang lucu adalah ‘gaya modern’ (penampilan idol korea) sangat tidak disukai publik Cina. Ada alasan kenapa KrisHan hanya tampil dengan rambut yang natural, make up yang minimal sekarang.

16. Mereka pikir hal ini adalah “pembalasan dendam” pada Kris dan Luhan kalau akhirnya SM peduli dengan artis Cina mereka. Kris dan Luhan harus menuntut karena SM tidak peduli dengan mereka! Mereka bahagia untuk kemajuan yang mereka dapat! Delusi dan pencucian otak sialan itu nyata. Selamat untuk Yixing. SM akhirnya menyadari bahwa jika mereka terus mengacau dengan karir artis Cina mereka, mereka akan pergi. Sangat disayangkan kepergian itu harus terjadi BERULANG KALI sebelum mereka menyadari mereka tidak bisa mengabaikan mereka begitu saja. Sekarang soal studio untuk Victoria, Zhoumi, Liyin, dan Tao. Dasar netizen (korea) delusional…kenapa kalian pikir Yixing mendapatkan ini? Itu seolah mereka tidak tahu Kris dan Luhan membayangi popularitas EXO di Cina dan mengkhayal SM benar-benar memiliki pengaruh. *smh* Kris dan Luhan sedang move on dengan bahagia dan aku membayangkan mereka ikut senang untuk Yixing. Aku baru menyadari kalimat “kehilangan orang berbakat” itu semacam tiket masuk untuk kesalahan dan penyia-nyian dan bahwa mereka perlu berubah…mungkin penyelesaian tuntutan sudah dilakukan.

Source: reddit, allkpop, netizenbuzz, omonatheydidnt (LJ)


Note: Tulisan dalam cetak besar hanya mengikuti sumber.

Meanwhile me being like: “Bagus dong. EXO-M bisa bersinar bareng sama anak kesayanganku—Luhan. Bagus lagi kalo bisa kerja di satu event bareng.”


.


.


A/N



Warning: Dengan segala hormat, yang berhenti menyukai Luhan sejak dia keluar dari EXO sebaiknya tidak membaca catatan di bawah ini :B

K-netizen ini lucu. Apa mereka pikir SM akan memperhatikan dan mendukung Lay dan Tao seperti sekarang kalau Kris dan Luhan tidak pernah keluar? I don’t think so. Mereka sendiri yang bilang ini bentuk balas dendam SM, and I do agree. Satu yang mereka lupa, tidak akan pernah ada balas dendam kalau masalahnya sendiri tidak pernah terjadi.

Bagian dari tuntutan Luhan: perlakuan tidak adil SM terhadap EXO-K dan EXO-M.

Sadar atau tidak, Luhan secara tidak langsung sudah memperjuangkan keadilan untuk EXO-M. Dan lihat hasilnya sekarang. EXO-M, mungkin khususnya member Cina untuk saat ini, dapat lebih banyak spot-light.

No matter what people said, I’ll cherish the past. For me, it’ll never be the same if the left one was never there in the first place. It wouldn’t be the EXO that I know. Why should I love one side and hate the other while I can just love both—EXO and my precious Luhan, or may be your precious Kris.

“Semua kehilangan itu menyakitkan. Apapun bentuk kehilangan itu, ketahuilah, cara terbaik untuk memahaminya adalah selalu dari sisi yang pergi. Bukan dari sisi yang ditinggalkan.”
– Tere Liye, Rembulan Tenggelam di Wajahmu via Yuninda Asmi

#3YearsWithEXO


#AlwaysSupportLuhan

Thank you for reading. Leave a comment? ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s